Jumat, 11 Desember 2015

Metode belajar dan media pembelajaran IPS di SD Al - azhar


A.    Penggunaan Media Pembelajarn Ips
Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Dalam proses pembelajaran alat bantu atau media tidak hanya dapat mempelancar proses komunikasi akan tetapi dapat merangsang siswa untuk merespon dengan baik segala pesan dari materi yang disampaikan.
Dampak perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran membuat guru kreatif dalam membuat media pembelajaran. Pada kelas yang kami teliti guru menggunakan power point yang ditampilkan dikelas dan mengaitkan suatu permasalahan dilingkungan sekitar dengan video – video menarik, anak – anak dikelas tidak merasa jenuh dan bosan saat kegiatan belajar berlangsung. Lalu guru memberikan contoh kegiatan dikelas yang berkaitan dengan materi tersebut sehingga siswa paham dan langsung menerapkan contoh yang dijelaskan oleh gruu di dalam kelas. Adanya infokus sebagai sarana penunjang proses pembelajaran dikelas mampu digunakan dengan sangat baik oleh guru.
Penggunaan power point, video serta benda – benda di sekitar kelas mampu membuat kondisi belajar dikelas sangat kondusif, menarik dana anak mampu mencerna pelajaran dengan baik.
B.     Sumber Belajar
Sumber belajar yang digunakan oleh guru berasal dari buku ips kelas 3 dan internet, namun semua materi sudah dikuasai oleh guru dan dituangkan ke dalam power point. Saat pembelajaran berlangsung guru sudah berpengalaman selama 7 tahun mengajar dan tidak terpaku pada buku. Internet sebagai sumber belajar juga dituangkan kedalam video – video menarik dan aktraktif untuk mengkondisifkan siswa di dalam kelas. Video juga menstimulus siswa agar tetap duduk rapih dan memperhatikan materi pada power point yang guru berikan, video diberikan sebagai imbalan karema siswa telah rapih dan mengerti pada saat materi diberikan.
C.     Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapay dipakai untuk merancang mekanisme suatau pelajaran yang mencakup sumber belajar, subjek belajar, lingkungan belajar dan kurikulum.
1.      Metode Ceramah
Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya paham siswa. Metode ini berbentuk penjelasan konsep, prinsip dan fakta pada saat awal pelajaran berlangsung.
2.      Metode Tanya Jawab
 Metode tanya jawab adalah suatu metode dimana guru menggunakan atau memberi pertanyaan kepada murid dan murid menjawab, atau sebaliknya murid bertanya pada guru dan guru menjawab pertanyaan murid itu. ( Soetomo, 1993 :150 ) Metode tanya jawab merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru (Syaiful Bahri Djamarah 2000: 107). Salah satu metode yang digunakan guru kelas 3 al - azhar yaitu metode Tanya jawab pada saat evaluasi, metode ini dapat merangsang siswa untuk berfikir dan berkreativitas dalam proses pembelajaran. metode tanya jawab juga dapat digunakan untuk mengukur atau mengetahui seberapa jauh materi atau bahan pengajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
3.      Metode Eksperimen
 Metode eksperimen menurut Syaiful Bahri Djamarah (2000:95) adalah cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam proses belajar mengajar,guru member contoh yang berada disekeliling mereka dan metode eksperimen siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, keadaan atau proses sesuatu. Dengan demikian, siswa dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, atau mencoba menarik kesimpulan dari proses yang dialaminya itu.

A.    Kesimpulan
Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Sumber belajar yang digunakan oleh guru berasal dari buku ips kelas 3 dan internet.
Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapay dipakai untuk merancang mekanisme suatau pelajaran yang mencakup sumber belajar, subjek belajar, lingkungan belajar dan kurikulum.

B.     Saran
Keberhasilan guru dalam mengajar ditentukan oleh segala aspek media pembelajaran, sumber belajar dan model pembelajaran yang tepat. Dengan demikian kita sebagai guru harus mampu memilih dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa, materi pelajaran dan kondisi kelas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar