A. Penggunaan
Media Pembelajarn Ips
Media
pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang merupakan segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya
proses belajar. Dalam proses pembelajaran alat bantu atau media tidak hanya
dapat mempelancar proses komunikasi akan tetapi dapat merangsang siswa untuk
merespon dengan baik segala pesan dari materi yang disampaikan.
Dampak
perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran membuat guru kreatif dalam
membuat media pembelajaran. Pada kelas yang kami teliti guru menggunakan power
point yang ditampilkan dikelas dan mengaitkan suatu permasalahan dilingkungan
sekitar dengan video – video menarik, anak – anak dikelas tidak merasa jenuh
dan bosan saat kegiatan belajar berlangsung. Lalu guru memberikan contoh
kegiatan dikelas yang berkaitan dengan materi tersebut sehingga siswa paham dan
langsung menerapkan contoh yang dijelaskan oleh gruu di dalam kelas. Adanya
infokus sebagai sarana penunjang proses pembelajaran dikelas mampu digunakan
dengan sangat baik oleh guru.
Penggunaan
power point, video serta benda – benda di sekitar kelas mampu membuat kondisi
belajar dikelas sangat kondusif, menarik dana anak mampu mencerna pelajaran
dengan baik.
B. Sumber
Belajar
Sumber
belajar yang digunakan oleh guru berasal dari buku ips kelas 3 dan internet,
namun semua materi sudah dikuasai oleh guru dan dituangkan ke dalam power
point. Saat pembelajaran berlangsung guru sudah berpengalaman selama 7 tahun
mengajar dan tidak terpaku pada buku. Internet sebagai sumber belajar juga
dituangkan kedalam video – video menarik dan aktraktif untuk mengkondisifkan
siswa di dalam kelas. Video juga menstimulus siswa agar tetap duduk rapih dan
memperhatikan materi pada power point yang guru berikan, video diberikan
sebagai imbalan karema siswa telah rapih dan mengerti pada saat materi
diberikan.
C. Model
Pembelajaran
Model pembelajaran
adalah suatu rencana atau pola yang dapay dipakai untuk merancang mekanisme
suatau pelajaran yang mencakup sumber belajar, subjek belajar, lingkungan
belajar dan kurikulum.
1. Metode
Ceramah
Metode ceramah yaitu
sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan
kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah,
(2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling
ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi
kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya paham
siswa. Metode ini berbentuk penjelasan konsep, prinsip dan fakta pada saat awal
pelajaran berlangsung.
2. Metode
Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu metode dimana
guru menggunakan atau memberi pertanyaan kepada murid dan murid menjawab, atau
sebaliknya murid bertanya pada guru dan guru menjawab pertanyaan murid itu. (
Soetomo, 1993 :150 ) Metode tanya jawab merupakan cara penyajian pelajaran
dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa,
tetapi dapat pula dari siswa kepada guru (Syaiful Bahri Djamarah 2000: 107).
Salah satu metode yang digunakan guru kelas 3 al - azhar yaitu metode Tanya
jawab pada saat evaluasi, metode ini dapat merangsang siswa untuk berfikir dan
berkreativitas dalam proses pembelajaran. metode tanya jawab juga dapat
digunakan untuk mengukur atau mengetahui seberapa jauh materi atau bahan
pengajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
3. Metode
Eksperimen
Metode eksperimen menurut Syaiful Bahri
Djamarah (2000:95) adalah cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan
percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Dalam proses
belajar mengajar,guru member contoh yang berada disekeliling mereka dan metode
eksperimen siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan
sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, keadaan atau proses
sesuatu. Dengan demikian, siswa dituntut untuk mengalami sendiri, mencari
kebenaran, atau mencoba menarik kesimpulan dari proses yang dialaminya itu.
A. Kesimpulan
Media pembelajaran
adalah alat bantu proses belajar mengajar yang merupakan segala sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan
atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Sumber belajar yang
digunakan oleh guru berasal dari buku ips kelas 3 dan internet.
Model pembelajaran
adalah suatu rencana atau pola yang dapay dipakai untuk merancang mekanisme
suatau pelajaran yang mencakup sumber belajar, subjek belajar, lingkungan
belajar dan kurikulum.
B. Saran
Keberhasilan guru dalam
mengajar ditentukan oleh segala aspek media pembelajaran, sumber belajar dan
model pembelajaran yang tepat. Dengan demikian kita sebagai guru harus mampu memilih
dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa, materi
pelajaran dan kondisi kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar